CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Setiap perusahaan memiliki cara pandang yang berbeda terhadap CSR, dan cara pandang inilah yang bisa dijadikan indikator kesungguhan perusahaan tersebut dalam melaksanakan CSR atau hanya sekedar membuat pencitraan di masyarakat (Wibisono :2007). 

Bateman dan Snell (2008, p.205) mendefinisikan tanggungjawab sosial perusahaan sebagai tanggungjawab yang dimiliki oleh perusahaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakt dengan cara menigkatkan dampak positif dan mengurangi dampak negatif yang terjadi pada masyarakat di masa depan karena hasil kontribusi asset yang ditanggung oleh perusahaan kepada masyarakat sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat yang berkekurangan.

Boone dan Kurtz (2007, p.43) mengungkapkan tanggungjawab sosial perusahaan sebagai dukungan yang diberikanolehmanajemenperusahaan agar perusahaanmampumempertimbangkanlaba, kepuasan pelanggan, dan kesejahteraan masyarakat dengan cara mengevaluasi kinerja perusahaan yaitu dengan mempertimbangkan income statement agar perusahaan dapat mengambil keputusan dengan benar untuk melakukan pemenuhan kebutuhan utama masyarakat yang harus ditanggung oleh perusahaan tersebut.
Hartman dan DesJardins (2008, p.155) mengemukakan pendapat bahwa tanggungjawab sosial perusahaan mencakup berbagai tanggungjawab dan kewajiban yang dimilik ioleh perusahaan di mana perusahaan harus mengambil keputusan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik, serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih.