CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Setiap perusahaan memiliki cara pandang yang berbeda terhadap CSR, dan
cara pandang inilah yang bisa dijadikan indikator kesungguhan perusahaan
tersebut dalam melaksanakan CSR atau hanya sekedar membuat pencitraan di
masyarakat (Wibisono :2007).
Bateman
dan Snell (2008, p.205)
mendefinisikan tanggungjawab sosial perusahaan sebagai tanggungjawab yang
dimiliki oleh perusahaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakt dengan cara menigkatkan dampak positif dan mengurangi dampak negatif
yang terjadi pada masyarakat di masa depan karena hasil kontribusi asset yang
ditanggung oleh perusahaan kepada masyarakat sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,
khususnya masyarakat yang berkekurangan.
Boone dan Kurtz (2007, p.43)
mengungkapkan tanggungjawab sosial perusahaan sebagai dukungan yang diberikanolehmanajemenperusahaan
agar perusahaanmampumempertimbangkanlaba, kepuasan pelanggan,
dan kesejahteraan masyarakat dengan cara mengevaluasi kinerja perusahaan yaitu dengan mempertimbangkan income statement agar
perusahaan dapat mengambil keputusan dengan benar untuk melakukan pemenuhan kebutuhan utama masyarakat
yang harus ditanggung oleh perusahaan tersebut.
Hartman dan DesJardins (2008, p.155)
mengemukakan pendapat bahwa tanggungjawab sosial perusahaan mencakup berbagai tanggungjawab dan kewajiban
yang dimilik ioleh perusahaan di mana perusahaan harus mengambil keputusan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat
yang lebih baik, serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih.